Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA CARA DALAM MENAMBAL KEBOCORAN PADA TANKI SEPEDA MOTOR

CARA CARA DALAM MENAMBAL KEBOCORAN PADA TANKI SEPEDA MOTOR


Assalamualaikum warrohmatuloh wabbarakatuh.

Selamat berjumpa serta bertemu lagi bersama kami. Alhamdulilah puji syukur kami masih dapat menyapa dan menjumpai semuanya pada kesempatan kali ini, untuk memberikan informasi yang inofative serta inspiratif seputar dunia outomorive sepeda motor. Dan untuk perjumpaan serta petemuan pada kesempatan saat ini, kami dengan penuh bahagia akan mengangkat topik berkenaan dengan cara cara menambal kebocoran pada tanki sebuah sepeda motor. Adapun untuk lebih jelasnya berikut kami informasikanya terhadap semuanya di antaranya sebagai berikut :


baca juga :  penyumbatan bensin pada tangki  pada sepeda motor.

Pada sebuah sepeda motor yang sedang mengalami kebocoran pada bagian tankinya terkadang membuat pemilik sepeda motor tersebut merasa bingung dan risih.  Soalnya biasa menjadikan sering untuk mengisi bbm serta pastinya mejadi lebih boros tentunya, di tambah lagi sepeda motor itu merupakan satu satunya atau tidak memliliki yang lainya, dengan adanya inilah maka kita dituntut untuk cepat mengatasi dan memperbaiki kebocoran tangki tersebut. dan apabila di biarkan dapat memperparah kebocoran serta juga dapat menimbulkan titik yang baru pada bagian tanki sebuah sepeda motor tersebut. Adapun untuk mengatasi kebocoran pada bagian tanki tersebut anda bisa mencoba  melakukan sendiri di rumah dengan cara cara yang sederhana gampang di antaranya sebagai berikut :

Yang pertama di lakukan adalah mempersiapkan alat alat yang di butuhkan dalam mengatasi kebocoran pada bagian tanki sebuah sepeda motor dan untuk alat alatnya adalah :

A. Obeng plus.
B. Kunci T no 12.
C. Kunci T no 10.
D. Plastik steel
E. Tang.
F. Amplas halus no 2000.

Apabila semua alat alat serta bahan yang di butuhkan tersedia selanjutnya masuk kedalam proses penambalan terhadap tanki sebuah sepeda motor tersebut adapun untuk prosesnya adalah :

A. Membuka bagian begel jok sepeda motor.
Langkah pertama yang dilakukan adalah membuka bagian begel jok sepeda motor dengan menggunakan kunci T no 12 dan merupakan urutan untuk mengambil tanki pada sebuah sepeda motor yang mengalami kebocoran bagian tankinya.

B. Membuka body samping belakang.
Selanjutnya membuka bagian body samping, baik samping kanan maupun body samping kiri dengan menggunakan obeng plus.

C. Membuka baud tanki tersebut.
Setelah body samping sebuah sepeda motor ke buka, lalu membuka baud tanki yang terdapat padanya dengan memakai kunci T no 10.

D. Mencopot bagian slang bensin.
Sebelum bagian tanki diambil terlebih dahulu melakukan pencabutan terhadap bagian slang bensin dengan membuka pengancing slang bensin dan untuk membukanya dengan memakai tang yang tersedi.

E. Membuka atau mencobot soket pelampung.
Membuka bagian soket pelampung tank juga perlu di buka agar dapat mengambil bagian tank tersebut secara kesuluruhan tanpa ada yang mengganggu.

F. Menuras bensin pada bagian tanki.
Menuras bensin yang berada di dalam tanki serta membersihkan kotoran di dalam agar nantinya tidak menimbulkan masalah baru utamanya pada bagian tanki sebuah sepeda motor. Dengan cara membuka penutup tanki kemudian membalikan tanki tersebut secara berulang ulang sampai benar benar bersih.

G. Menambal bagian tanki yang bocor.
Apabila dan dipastikan tanki sudah bersih kemudian berlanjut proses penambalan terhadap bagian tanki yang mengalami kebocoran dan untuk dapat menemukan titik kebocoran lakukanlah proses perambangan dengan cara memasukan air kedalam tanki kemudian mengangkat serta mengecek bagian mana yang mengalami kebocoran tersebut.

Setelah dapat memukan titik kebocoran tersebut selanjutnya adalah mengamplas titik kebocoran tersebut secara pelan serta penuh perasaan dengan menggunakan amplas halus dengan no 2000. Selanjutnya apabila titik kebocoran sudah terlihat dan terasa halus oleskan plastik steel tersebut dan sebaiknya gunakan yang daya keringnya 10 menit agar kering perlahan tidak terlalu cepat, setelah mengoleskan plastik steel tersebut diamkan serta biarkan mengering dan benar benar kering.


baca juga : pemasangan dan pemanfaatan bahan terpal sebagai penutup jok motor

Apabila keadaan plastik sudah benar benar kering sebaiknya melakukan proses perambangan terhadap tanki yang sudah di tambal tadi dengan menggunakan media air adapun prosesnya seperti yang telah kami sebutkan diatas, apabila sudah aman tidak ada kebocoran berarti sudah dapat di pasang kembali namun apabila masih ada kebocoran ulangi proses penambalan kembali, dan apabila terdapat pada  titik kebocoran yang lebar atau malah banyak sebaiknya di bawa ke bengkel las yang khusus kuningan atau khusus spesialis tanki untuk mengatasinya.

Dan juga untuk cara cara proses penambalan menggunakan media plastik steel ini juga dapat di terapkan atau di praktekan terhadap mengatasi kebocoran tanki sebuah sepeda motor palang seperti mega pro, vixion, thunder dan sejenisnya dengan cara cara dan metode seperti kami sebutkan diatas tadi.

Kiranya mungkin ini yang dapat kami informasikan serta kami berikan semoga dapat membawa manfaat serta berguna ke pada semuanya. Dan tidak lupa kami mengucapkan banyak berterima kasih ke pada semuanya atas kebersedianya dalam membaca dari kami ini, sampai jumpa dan bertemu lagi sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum warrohmatuloh wabbarakatuh. 

                   : Terbaru Vario 160cc berasa PCX