Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MUDAH MENGGANTI BAN PADA VARIO CBS TANPA COPOT KNALPOT





Assalamualaikum warrohmatuloh wabbarakatuh.

Berjumpa serta bertemu lagi bersama kami, alhamdulilah puja dan puji syukur kepada ALLAH SWT yang telah memberikan kami kesehatan sehingga dengan limpahan ini kami dapat menjumpai sahabat semuanya. Tentunya untuk dapat memberikan informasi seputar dunia outomotive sepeda motor. Dan untuk pertemuan kita kali ini informasi yang akan berikan adalah mengenai cara mudah ganti ban dalam tanpa copot knalpot pada vario cbs. Pada sepeda motor jenis matik terutama sepeda motor honda vario tipe cbs memang memiliki bearing serta lengan ayun sebagai teknologi terbaru atau penyempurna jenis vario lama. Yang bertujuan agar bagian kaki atau bawah lebih kuat serta awet akan dengan adanya teknologi bearing dan lengan terdapat kelemahan yaitu menjadikan pada saat proses mengganti ban baik luar maupun dalam di pastikan lebih repot serta memerlukan waktu lebih lama. Namun jangan khawatir apabila ingin mengganti atau memasukan ban dalam berikut cara praktis tanpa harus membuka bagian knalpot. Di antaranya adalah :



Memang untuk tentang sepeda motor matik yang saat ini lagi populer di pakai banyak masyarakat luas adalah sepeda motor matik dari honda, baik tipe honda beat maupun tipe honda variasi sekarang dua jenis sepeda motor tersebut yang merajainya hal ini memang tanpa alasan untuk jenis sepeda motor matik honda selalu update atau memperkenalkan atau memperbaharui teknolginya dan salah satunya untuk bagian bawah atau sasis, bearing dan lengan ayun pada jenis matik vario cbs dan dengan teknologi tersebut di harapkan akan membuatnya lebih kuat dan awet. Akan tetapi disamping manfaat yang di dapatkan juga kelemahan yang ada padanya terutama pada saat mengganti bagian ban luar maupun mengganti ban dalam, walaupun memang dari sananya pada sepeda motor matik jenis honda keluaran sekarang berjenis tubles atau tanpa ban dalam akan tetapi pada praktenya banyak juga yang mengisi ban tubles dengan sebuah ban dalam, tentunya banyak alasan atau penyebabnya. Adapun untuk cara praktis apabila ingin mengganti atau memakai ban dalam pada sepeda motor matik vario cbs berikut langkah praktisnya tanpa harus mencopot atau membuka bagian knalpot di antaranya adalah :

Adapun untuk alat atau kunci yang di gunakan dalam praktis dalam memasang atau memakaikan ban dalam pada vario jenis cbs adalah :


A. Kunci no 12.

B. Alat cungkil atau congkel.

C. Kunci pentil atau alat pembuka pentil.

D. Kunci ring pas atau T no 14.

Dan berikutnya langkah praktis dalam memasang atau memakaikan ban dalam vario jenis cbs antara lain yaitu :

A. Membuka pentil pada ban vario cbs tersebut.

Membuka atau melepas pentil ban dalam tersebut dengan memakai  alat pembuka pentil yang sudah di sediakan.

B. Membuka mur pada pentil atau dop pada ban dalam.

Mencopot bagian mur pentil atau dop yang terdapat pada ban dalam dengan menggunakan kunci no 12.

C. Mencungkil atau mencongkel pada bagian ban luar.


Mencungkil atau mencongkel bagian ban luarnya hal ini di lakukan agar dapat memasang atau mengganti ban dalam.

D. Memasang atau memasukan ban dalam pada bagian roda belakang. Adapun cara atau langkah praktisnya antara lain :

- membuka baud yang menempel pada bagian lengan ayun sebelah kanan.

- melepas baud knalpot yang menempel dengan menggunakan kunci T atau jenis ring pas no 14.

- memasukan atau memasang ban dalam dengan cara praktis yaitu dengan melalui sela sela antara lengan ayun di bagian depan yang sedikit terbuka akibat baud yang terbuka dengan sedikit di goyang goyang atau sedikit di tarik ke belakang. Akan tetapi perlu di perhatikan untuk di cara ini sebaiknya lebih berhati hati agar ban dalam tidak mengalami luka atau goresan akibat gesekan kecil dengan lengan ayun tersebut.

E. Memasang kembali semua bagian yang tadi di buka atau di lepas.


Setelah proses pemasangan atau menambahkan ban dalam pada bagian roda belakang untuk sepeda motor vario cbs selesai dan berhasil maka lakukan pemasangan terhadap bagian bagian yang tadi di buka atau di lepas.



Demikian ini yang dapat kami informasikan pada pertemuan kita kali ini semoga bermanfaat serta berguna terhadap semuanya. Sekian dan terima kasih


                    : TIPS CEPAT GANTI BAN LUAR BELAKANG MOTOR MATIK