Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGOLAHAN PADA KUNYIT HITAM


PENGOLAHAN PADA KUNYIT HITAM


Assalamualaikum warohmatulah wabbarakatuh.

Selamat berjumpa dan bertemu lagi dengan kali ini, pada pertemuan serta perjumpaan kali ini kami akan memberikan atau mempersembahkan dengan topik pengolahan pada kunyit hitam, kami berharap apa yang sembahkan bermanfaat kepada semuanya berikut penjelasanya

Kunyit kita ketahui bersama memang mempunyai kegunaan dan manfaat yang banyak sekali  terlebih untu kesehatan. Dan pada kunyit ini untuk yang banyak beredar serta populer di masyarakat untuk kunyit dengan jenis berwarna kuning, namun sebenarnya pada jenis kunyit ini memiliki jenis lain yaitu jenis kunyit hitam atau berwarna hitam. Untuk jenis kunyit hitam ini merupakan tanaman yang awal mula ditemukan di wilayah india dan timur laut.

Adapun pada jenis kunyit hitam hampir memiliki kesamaan dengan jenis kunyit kuning, kunyit hitam mempunyai nama ilmiah cucur macaesia. Dan kunyit hitam memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi, untuk anti oksidan merupakan zat mampu untuk mengatasi serta mencegah terhadap penyakit kanker serta bersifat anti peradangan. Selanjut kami akan membahas lebih lanjut lagi tentang kunyit hitam mengenai manfaat dan kegunaanya pada kesehatan untuk kunyit hitam ini.

A. Kunyit hitam dapat  mengobati osteoarthiritis.
Penyakit osteoarhiritis suatu penyakit yang membuat sendi nyeri dan membuat tulang kaku serta tidak fleksibel. Kunyit hitam dengan kandungan ibuprofen mampu mengatasi penyakit ini.

B. Dapat mengatasi kulit gatal.
Kunyit hitam memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat mengatasi kulit gatal serta juga anti radang pada kulit gatal.

C. Mampu menurunkan asam lambung juga maag.
Bagi mereka yang mengalami asam lambung juga maag, dan dengan merutinkan memakan kunyit hitam dengan teratur dapat mengurangi asam lambung yang dapat menuju ke dalam penyakit maag.


D. Asma.
Pada kunyit hitam dengan kandungan yang dimilikinya dapat menurunkan asama, adapun untuk pengolahanya dengan menyeduh dengan air hangat bubuk kunyit hitam kemudian tambahkan susu lakukanlah dengan teratur.

E. Mencegah kanker usus besar.
Dalam berbagai penelitian pada kunyit hitam terkandung kurkumin yang tinggi, serta di dalam kandungan kurkumin ini dapat menurunkan angiogenesis atau pertumbuhan pembuluh darah baru untuk tumor, metastasis atau penyebaran kanker juga mampu mematikan sel kanker.
Ada sebuah penilitian mengatakan dengan mengonsumsi 4 gram dalam jangka waktu 30 hari dapat menurunkan hingga 40% untuk lesi usus besar.

F. Kunyit  hitam  mencegah alzheimer.
Penyakit alzheimer merupakan penyakit dapat menurunkan daya ingat atau kepikunan, dengan kandungan kurkumin yang terdapat pada kunyit hitam sangat efektif untuk mengatasinya.

Dan untuk dapat mendapatkan khasiat dan kegunaan pada kunyit hitam, kita dapat mengolah dengan metode yang tidak jauh beda dengan pengolahan pada kunyit kuning terutama untuk kesehatan adapun untuk pengolahanya adalah merebus serta dengan meminum air rebusan tersebut


Kiranya  hanya ini yang dapat kami informasikan mengenai pengolahan pada kunyit hitam dan kami mengucapkan berterima kasih kepada semua yang sudah berkenan membaca dari yang kami berikan ini sampai jumpa dan bertemu lagi terima kasih.
Wassalamualaikum warrohmatulah wabbarakatuh